Tips-tips Untuk Cara Membuat Lagu Rapp

Tak semua orang menyukai musik Rap. Beberapa orang bahkan menganggap Rap bukan musik, melainkan hanya kumpulan kalimat yang dilantunkan dengan cepat tanpa melodi yang jelas. Padahal, Sebuah penelitian di National Insitute on Deafness and Other Communication Disorders di National Insitutes of Healrh menemukan bahwa musik Rap gaya bebas meningkatkan aktivitas wilayah otak yang berhubungan dengan kreativitas.
Namun, pernahkah anda memiliki keinginan untuk menulis lagu rap ? Jika belum pernah, mulailah untuk membuatnya, karena lagu rap membuat anda merasa memiliki nuansa baru dalam diri anda.
Nah, Bagaimana saya bisa menulis lirik lagu rap yang bagus?
Jadi, untuk menjawab pertanyaan ini saya mengambil referensi dari artikel "6 Tips Menulis Lirik Lagu Rap" dimana penulisnya, mengambil referensi dari artikel “How to Write Great Rap Lyrics” oleh Silk Nixin. Artikel ini ditulis oleh seorang rapper, sehingga ilmunya lebih luas.
Ada 6 tips untuk menulis lirik lagu rap yang disarankan oleh Silk Nixin. Berikut adalah ke-6 tips tersebut.

1. Gunakan wordplay atau permainan kata

Wordplay adalah salah satu teknik menulis lirik lagu yang canggih. Yang dimaksud dengan wordplay adalah permainan kata. Permainan kata ini bisa berarti kata yang Anda tulis sebagai lirik memiliki makna ganda atau lafal kata tersebut punya iramanya sendiri.
Hanya sedikit penulis lagu yang bisa menggunakan wordplay dan menghasilkan lagu yang menarik. Dalam dunia musik Pop, artis yang sering menggunakan wordplay dalam lagunya adalah Jason Mraz. Coba Anda dengar lagu-lagu oleh artis ini, dan Anda akan mendengar lirik-lirik yang tidak lazim tetapi sangat kreatif.
Begitu halnya dengan lirik lagu rap. Karena lirik lagu rap biasanya sangat padat (bahkan untuk yang slow rap sekalipun), Anda harus benar-benar kreatif dengan permainan kata Anda. Anda harus mengisi ruang yang ada dengan lirik yang padat, tetapi lirik-lirik itu tidak boleh “kosong” maknanya.
Caranya agar Anda menguasai wordplay ini adalah dengan sering-sering melatihnya dan mendengar lagu rap lain. Seperti Eminem dalam awal karirnya, dia sering membawa buku tulis saat menaiki bis supaya bisa latihan menulis lirik sambil bepergian dalam bis kota.

2. Buatlah lirik-lirik yang visual

Tutorial-tutorial sebelumnya sudah membahas cara menulis lirik lagu yang visual. Lirik yang visual membantu agar imajinasi pendengar Anda terbawa suasana. Dalam lagu rap, lirik yang visual penting agar lirik Anda tidak cepat membosankan.
Karena sifat lirik lagu rap yang padat dan cepat, lirik yang visual bisa menjadi breakatau pemutus lirik-lirik yang emosional. Anda bisa juga menggunakan lirik visual untuk bagian rap, lalu menggunakan lirik emosional pada bagian Hook.

3. Masukkan majas metafora dalam lirik Anda

Apakah Anda masih ingat dengan pelajaran Bahasa Indonesia? Menurut Wikipedia,majas metafora adalah “majas yang mengungkapkan ungkapan secara langsung berupa perbandingan analogis.”
Anda bisa menggunakan analogi suatu hal dengan hal lainnya untuk membuat lirik rap Anda lebih berwarna. Biasanya, kalimat yang mengandung majas metafora adalah kalimat yang memiliki kata sambung “seperti”.
Contohnya:
It’s so insane, ’cause when it’s going good, it’s going great


I’m Superman with the wind at his back
“Love the Way You Lie”


© A. Grant, H. Hafferman, Marshall Mathers
Dalam contoh di atas, sang rapper mengibaratkan dirinya adalah Superman yang melesat di antara angin kencang. Anda juga bisa menggunakan analogi dalam bentuk majas metafora agar lirik lagu rap Anda lebih kena ke orang-orang.

4. Gunakan teknik rima yang silih berganti

Ada beberapa cara rima yang bisa Anda pakai dalam lagu Anda:
  1. Lirik dengan rima yang sama. Rima yang sama adalah yang berima a-a, seperti kucing dan runcing; perawat dan pesawat; dan sebagainya.
  2. Lirik dengan rima yang mirip. Rima yang mirip adalah yang berima tidak persis sama, seperti perahu dan lugu; pelari dan matahari; dan sebagainya.
Ada seorang kawan saya yang hobi membuat puisi. Cara dia menulis puisinya adalah dia selalu mencari rima yang sama. Akhirnya puisi yang ditulisnya terkesan kaku, memaksa, dan kekanak-kanakan (walau puisinya mengandung makna yang bagus).
Seperti puisi, sebuah lagu rap yang bagus menggunakan kedua tipe rima di atas. Namun, yang harus Anda perhatikan adalah seberapa sering Anda menggunakan rima yang sama dan rima yang mirip.
Kira-kira, sebaiknya Anda menggunakan campuran antara keduanya – jangan terlalu sering menggunakan rima yang sama, sesekali gunakanlah rima yang mirip.

5. Buat punch line yang memukau

Sebuah punch line adalah bagian lirik yang paling diingat para pendengar. Anda juga pasti punya lirik favorit dari sebuah lagu. Nah, lirik favorit inilah yang dalam lagu rap disebut punch line.
Sama seperti film yang bagus memilki adegan klimaksnya, Anda bisa mengibaratkan punch line sebagai klimaks dari lagu Anda. Di punch line ini, Anda bisa memasukkan pesan lagu Anda dengan cara yang seunik dan sekeren mungkin.Semakin unik dan keren cara Anda menyampaikannya, semakin lirik itu akan diingat oleh para pendengar Anda.
Agar Anda bisa menulis punch line yang keren, sering-seringlah mendengar lagu lain dan cari lirik-lirik favorit Anda dari lagu itu. Tanyakan kenapa Anda suka lirik itu, dan apa maknanya bagi Anda?

6. Pastikan konten lirik Anda pas dengan musiknya

Nah, ini juga salah satu kesalahan umum yang sering dilakukan pencipta lagu, yaitu membuat lirik lagu yang ngga nyambung sama musiknya!
Anda juga pasti pernah dengar lagu yang, “Ini musiknya upbeat tapi kok liriknya mellow?”.
Sebenarnya tidak salah juga, tapi biasanya pendengar Anda akan berharap mendengar lirik yang asyik kalau musiknya terdengar upbeat. Dalam lagu rap, hal ini juga penting agar konten lirik Anda sesuai dengan nuansa yang dimainkan musiknya.
Misalkan Anda mendapat musik yang bernada minor dengan instrumen elektronik yang berat, berarti Anda bisa membuat lirik yang dalam dan murung. Sebaliknya, bila musiknya ringan dan seksi, Anda juga bisa membuat lirik yang menyampaikan emosi yang sama.
Yang paling penting adalah: pastikan lirik lagu rap Anda sesuai dengan identitasnya!
Dengan menggunakan ke-6 tips di atas, Anda bisa membuat lirik lagu rap agar lagu Anda lebih unik. Sekarang, tantangannya adalah menemukan seorang rapper yang bagus ngerapnya!
Semoga artikel, Tips-tips Untuk Cara Membuat Lagu Rapp bermanfaat bagi anda dan terima kasih  "6 Tips Menulis Lirik Lagu Rap"