Cara Merawat Perhiasan Yang Benar

Perlu kita ketahui beragam jenis bahan perhiasan saat ini, beragam pula cara perawatanya. Nah, inilah Cara Merawat Perhiasan Yang Benar sesuai dengan jenis bahan seperti berikut:

Untuk yang terbuat dari EmasRendam aksesori ke dalam air hangat yang telah dicampur pembersih yang mengandung detergen. Sikat perlahan menggunakan sikat gigi bekas. Setelah bersih, bilas dengan air hangat. Keringkan dengan lap lembut.

Perak 
Bersihkan aksesori yang terbuat dari perak menggunakan air panas yang dicampur 2-3 sendok baking soda , rendam 3-4 menit. Keringkan dengan kain lembut.


Tembaga 
Aksesori yang terbuat dari tembaga dapat dibersihkan dengan cara larutkan asam jawa dalam air hangat, kemudian rendam aksesori beberapa saat. Angkat dan bilas menggunakan air hangat, lalu jemur hingga kering di bawah panas matahari.


Logam 
Larutkan detergen dengan air hangat, rendam aksesori yang terbuat dari logam. Gunakan sikat gigi bekas untuk menggosok perlahan hingga kotoran terangkat. Keringkan dengan kain lembut. Untuk aksesori yang terbuat dari logam, hindari pemakaian pemutih untuk membersihkannya, karena membuat logam jadi rapuh.


Mutiara 
Gunakan sabun bayi cair yang dilarutkan dalam air hangat, rendam aksesori yang terbuat dari mutiara selama 5 menit. Angkat, keringkan dengan kain lembut. Jangan menggunakan detergen, sikat gigi atau kain kasar untuk membersihkan aksesori yang terbuat dari mutiara karena akan merusak bahkan menghilangkan kilaunya.


Berlian 
Cairan amonia bisa mengembalikan kilau berlian, namun ingat jangan sampai terkena emas yang biasanya menjadi rangka perhiasan. Bila tak yakin bisa melakukannya, sebaiknya bersihkan perhiasan berlian ke toko tempat membeli. Umumnya mereka menyediakan layanan membersihkan berlian dengan menunjukkan kartu garansi.


Perawatan yang tepat membuat ­aksesori awet dan tetap berkilau. Sita Novianti