10 Tips Menulis Artikel SEO Paling Mudah

10 Tips Menulis Artikel SEO Paling Mudah
10 Tips Menulis Artikel SEO Paling Mudah

Menulis artikel SEO memang sering dianggap sulit dan membosankan, tak dipungkiri memang demikian adanya. Bahkan pengalaman saya sendiri juga demikian, pertama saya tertarik dengan dunia SEO, lalu coba – coba nulis artikel. Namun, setelah 4 jam mantengin laptop hanya bisa nulis 1 artikel itupun Cuma 400 kata.

Memang sulit sih, untuk merangkai kata – kata apalagi banyak aturan untuk menulis artikel SEO menurut para master SEO. Setelah trial and error sering juga belajar dan membaca tips – tips menulis artikel SEO dari para ahli. Ternyata untuk menulis atikel SEO itu tidaklah sulit yang kita bayangkan, yang penting sebenarnya adalah kata kunci dan optimasi.

Nah, itu sebabnya saya menulis 10 tips menulis artikel SEO ini, agar memudahkan Sobat dalam menulis artikel SEO dengan baik. Sebelum saya masuk ke pembahasan, perlu Sobat ketahui untuk menulis artikel ini anda tidak perlu memaksakan diri, mulailah dengan rasa ingin tahu.

Karena itu sudah cukup untuk menjadi modal belajar menulis artikel SEO, tak banyak persiapan yang perlu anda lakukan. Dari rasa ingin tahu tersebut, perlahan sobat akan sering membaca, nah dari sering membaca ini tanpa anda sadari nanti akan menambah wawasan dan nanti kata yang muncul coba untuk di tulis.

Sederhananya semakin sering baca, semakin lihai dalam mengolah kata, meskipun anda masih menulis dengan sebelas jari itu tidak masalah. Karena seiring berjalanya waktu dan keterbiasaan kecepatan anda menulis juga semakin bertambah setelah menggunakan 10 jemari. Terlihat gampang kan ? karena saya sendiri juga mulanya tidak tertarik dengan dunia nulis – menulis.

Jadi saya menulis berdasarkan pengalaman saja, berikut tips dasar yang paling dasar – sar sekali dalam menulis artikel SEO :
  1. Gunakan Google.com/KeywordPlanner untuk mengetahui berapa kata kunci yang akan di ketik oleh user di Search Engine.
  2. Tulislah artikel yang bisa dibaca oleh manusia, dalam artian jangan menulis artikel yang isinya terpaku sama kata kunci saja. Ini penting buatlah artikel yang unik (baru lain dari yang lain) dan menarik untuk dibaca.
  3. Artikel jangan terlalu banyak juga jangan terlalu sedikit, berdasarkan ahli SEO menyarankan untuk menulis diantara 430 – 1000 kata. Karena ini erat kaitanya nanti soal loading halaman web anda.
  4. Isi artikel juga jangan kebanyakan primary keyword (keyword utama), supaya atikel anda tidak diaggap spam oleh mesin pencari.
  5. Buatlah judul artikel menarik dan pastinya mengandung kata kunci utama, maksimal satu saja.
  6. Paragraph pertama pada kalimat pertama usahakan mengandung kata kunci utama, terutama bagi seorang blogger seperti saya.
  7. Untuk dianggap unik masukan juga gambar, dengan title gambar mengandung keyword kalau bingung copas saja judul artikel sobat ke title gambar, alt gambar, serta di caption.
  8. Tambahan lagi dalam artikel usahakan kata kunci utama yang di Bold (tulisan tebal), Italic (tulisan miring), dan Underline (tulisan garis bawah) suapaya kelihatan penting bagi robot Google.
  9. Kalau perlu masukan tag video terkait soal pembahasan pada artikel, inget lho video terkait pembahasan.
  10. Dalam satu artikel itu usahakan untuk link terkait dengan artikel sebelumnya, kalau bisa sih se-pembahasan.

Nah, gampang kan ? Yang paling penting itu setelah menulis artikel langsung submit link ke social media, social bookmark, pokonya sebar secara wajar suapaya ga dianggap spam oleh Paman Google. Untuk bisa artikel anda berada di halaman depan, Sobat perlu bersabar karena untuk bisa nomer satu anda kudu sabar.

10 Tips Menulis Artikel SEO Paling Mudah
10 Tips Menulis Artikel SEO Paling Mudah

Sabar itu bukan diem nunggu gitu aja lho, melainkan buat blog atau web anda terus aktif setiap hari, sembari bangun link, dengan comment di blog – blog dengan rank tinggi. Blog walking istilahnya, tapi kalau komen yang relevan sama pemabahasan atkikel sobat supaya ga dianggap spam.

Simple kan, semua tips ini berdasarkan apa yang sering saya hadapi selama belajar nulis artikel SEO. Saya juga masih belajar, jadi itu sebabnya ilmu yang saya dapatkan saya share jadi kita bisa belajar sama – sama. Gak perlu pelit ilmu, karena berbagi ilmu itu sangat bermanfaat buat orang disekeliling anda.