Cara Belajar Efektif Untuk Meraih Hasil Lebih Baik

Cara Belajar Efektif Untuk Meraih Hasil Lebih Baik
Cara Belajar Efektif Untuk Meraih Hasil Lebih Baik

Jika Sobat bisa mengetahui cara belajar efektif dan mengerti bagaimana cara belajar secara efisien, saya yakin Sobat bisa belajar lebih banyak lagi. Sekaligus meningkatkan kemampuan Sobat serta semakin mudah untuk terus menambah wawasan ilmu. Apalagi dengan mengetahui caranya anda akan merasa senang memanfaatkan waktu untuk belajar.

Belajar dengan efektif maksudnya mengetahui apa yang terbaik untuk anda, dan mendapatkan sebuah alasan untuk Sobat tetap semangat belajar. Jika anda ingin mengetahui bagaimana cara belajar efektif, maka coba ikuti langkah – langkah berikut. Karena sangat simple dan mudah untuk dipahami bahkan bisa jadi tidak terfikir oleh anda.

Ini dia, cara belajar efektif untuk meraih hasil yang lebih baik :

Buat Game Plan

Saat anda mengetahui apa yang harus dipelajari, maka anda akan ter-arah harus mempelajari sesuatu. Misalnya : jam 2 siang di hari selasa saya akan pelajari Matematika sampai jam 3 siang, maka dalam satu jam tersebut anda akan menghabiskan waktu untuk belajar matematika. Nah, oleh sebab itu buatlah game plan.

Yaitu sebuah rencana belajar yang menyenangkan tanpa menggangu aktifitas anda bermain atau kegiatan yang menurut Sobat penting lainya. Dengan game plan tersebut dalam seminggu anda akan dapat melihat dimana ada hari yang sangat padat dan hari yang sangat luang.

Jangan lupa ! dalam game plan ini anda menambahkan focus kesehatan, bagaimana-pun juga dalam sehari itu pastikan untuk tidur malam 6-8 jam. Olahraga 30-60 menit dalam sehari pada 3-4 hari dalam seminggu. Karena bagaimanapun juga Kesehatan anda yang lebih utama, karena dengan demikian anda menghargai tubuh sehat anda.

Contoh Game Plan : Daily Schedule Belajar Efektif

Eksekusi Game Plan

Ada rencana ada tanggung jawab, meski ini hanya berlaku buat anda bukan berarti anda bisa semena – mena dengan game plan tersebut tersebut. Jadi, waktunya belajar ya belajar waktunya main ya main, anda akan lebih paham lebih dari saya mengenai hal itu. Maka dari itu atur sedemikian rupa supaya bisa lebih enak belajarnya.

Belajar Bukan Untuk Dapat Nilai A

Perlu di ingat alasan anda untuk belajar bukan untuk meraih nilai yang sangat sempurna, melainkan pengetahuan baru yang anda dapat ingat selama mungkin. Katakan pada diri anda “You will succeed because of your hard work”, anda akan sukses karena anda bekerja keras. Sehingga tanpa anda sadari anda mendapat nilai maksimal.

Ingat lho tanpa disadari, bukan sengaja untuk dapat nilai maksimal, karena percuma jika nilai bagus tapi tidak memahami apa yang dipelajarinya. Jangan sekalipun untuk membandingkan diri anda dengan teman yang belajar sampai 80 jam dalam seminggu atau teman yang sama sekali tidak belajar, tapi dapat nilai bagus.

Tetap focus karena cara ini akan membuat anda orang yang cerdas, dan menemukan cara yang terbaik untuk membuat diri anda dan orang sekeliling anda lebih baik.

Nah, itu dia selebihnya kembali kepada diri anda masing – masing karena selangkah kecil ini bikin perubahan dan mengetahui cara belajar efektif. Penting di-ingat, bahwa pastikan anda mengetahui apa yang akan dipelajari, sehingga anda bisa memahami. Ketika anda menemukan kesulitan, coba tambahkan kata atau catatan kecil dengan bahasa anda sendiri sekalipun itu nyeleneh tapi yang penting anda bisa tau cara belajar efektif.

Semoga artikel ini bermanfaat ..